Home / Kuliner

Sabtu, 12 November 2022 - 03:09 WIB

10 Makanan Khas Sulawesi Barat yang Wajib Kamu Coba

10 makanan khas Sulawesi Barat yang wajib kamu coba

Makanan Khas Sulawesi Barat Dari makanan berat hingga makanan ringan yang lezat. Berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia sayang sekali jika tidak mengunjungi tempat wisata dan mencicipi kulinernya yang lezat. Sulawesi Barat merupakan salah satu daerah yang cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berlibur.

Ada banyak tempat indah yang akan memanjakan Anda selama berada di sana. Aneka kuliner khas Sulawesi Barat yang lezat juga sayang untuk tidak dicoba. Anda dapat mencoba berbagai hidangan masakan mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Berikut daftar 10 makanan khas Sulawesi Barat yang wajib kamu coba

1. Bau Piapi

Bau Piapi cukup populer dan dikenal sebagai salah satu masakan khas Sulawesi Barat yang banyak diburu wisatawan. Hidangan ini menyajikan masakan tradisional yang menawarkan cita rasa lezat dengan bumbu khas. Bau Piapi terbuat dari daging ikan segar. Dagingnya diolah dengan kuah kuning dengan banyak bumbu.

Hidangan Bau piapi  ini  bisa dinikmati Bersama nasi panas Dan Jepa. Sayang sekali jika melewatkan kelezatan Bau Piapi saat berkunjung ke Sulawesi Barat.

2. Apang

Apang merupakan salah satu masakan khas Sulawesi Barat yang sering dijumpai di daerah Mandar Sulawesi Barat. Apang adalah kue yang tampak berwarna cokelat.

Warna kue ini berasal dari bahan utama yaitu gula aren dan tepung beras kukus. Bagi penyuka makanan manis, Apang jelas merupakan pilihan yang tepat. Hidangan ini biasanya disajikan dengan sejumput kelapa muda. Apang sangat enak dinikmati sambil bersantai dengan teh atau kopi.

3. Sambusa


Kue Sambusa Khas Sulawesi Barat Ada cukup banyak masakan khas Sulawesi Barat yang tidak boleh Anda lewatkan, salah satunya adalah Kue sambusa. Hidangan ini memiliki bentuk khusus, yaitu segitiga. Sambusa digoreng dan diisi dengan olahan daging ikan. Daging ikannya diolah dengan rasa asin dan gurih. Sambusa tidak hanya populer di kalangan penduduk lokal tetapi juga di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Barat. Camilan ini menawarkan rasa yang lezat dan tekstur yang renyah di luar.

4. Kue Cucur


Kuke Cucur Khas Sulawesi Barat Ada cukup banyak masakan khas Sulawesi Barat yang tidak boleh dilewatkan, salah satunya adalah kue cucur. Kue ini merupakan makanan tradisional yang masih diburu. Kue cucur memiliki bentuk yang khas, bulat dan pipih, dan sering dijumpai di pesta-pesta.
Kue cucur ini terbuat dari tepung beras dan gula merah sebagai bahan utama kemudian digoreng dengan minyak kelapa mandar. Rasa kue cucur ini manis dan khas, sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Mamuju  Sulawesi Barat.

5. Kue Paso


Kue Paso merupakan salah satu masakan khas Sulawesi Barat yang wajib Anda coba. Kue ini memiliki bentuk yang khas, yaitu kerucut, dan dibungkus dengan daun pisang. Meski tergolong kue tradisional, kue paso masih banyak diminati. Kue Paso dibuat dengan bahan yang berbeda seperti tepung beras, santan dan gula aren cair. Meski cukup sulit ditemukan, Anda bisa membelinya di pasar tradisional Sulawesi Barat. Sayang sekali jika tidak mencoba rasa kue yang enak dan unik ini.

6. Kue Buroncong

Kue Buroncong merupakan salah satu masakan khas Sulawesi Barat yang cukup populer di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Sepintas kue yang satu ini hampir mirip dengan kue kotak. Namun jika diperhatikan lebih seksama, kue ini memiliki bentuk yang lebih panjang dibandingkan dengan kue kucing. Rasa yang ditawarkan kurang lebih mirip dengan rasa kue. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu dan kelapa parut. Proses memasak secara tradisional memberikan cita rasa yang istimewa dan lezat. Sayang sekali jika melewatkan kue ini saat berkunjung ke Sulawesi Barat.

7. Tetu/ Kue Kappal


Tetu’/Kue Kappal merupakan salah satu masakan khas Sulawesi Barat yang mudah ditemukan terutama menjelang bulan Ramadhan. Makanan tradisional ini sangat populer di kalangan masyarakat asli Sulawesi Barat. Tidak jarang wisatawan datang dan bertanya-tanya tentang rasa Tetu’/Kue Kappal. Hidangan ini disajikan di atas lembaran persegi panjang Menyerupai perahu/Kappal. Tetu’ terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan gula pasir dan gula aren. Santan kemudian dicampur ke dalam adonan dan dikukus hingga matang. Rasa dan tekstur khas tetu’ sayang untuk tidak mencoba/menikmati di Sulawesi Barat.

8. Bolu Paranggi


Dengan Harga 1000/an Kue Bolu Paranggi Jika ingin mencicipi salah satu masakan khas Sulawesi Barat, kue bolu bisa menjadi pilihan yang tepat. kue Bolu ini banyak ditemukan di pasar tradisional Sulawesi Barat. Kue Bolu paranggi memiliki bentuk khusus yang berbentuk seperti mangkuk kecil.
Makanan tradisional ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan gula aren. Tak heran jika Kue bolu Paranggi memiliki rasa yang manis dan enak untuk disantap. Hidangan ini sangat cocok disajikan dengan secangkir teh atau kopi. Bersantai di pagi atau sore hari dan menikmati kue bolu tentu merupakan hal yang mengesankan untuk dicoba.

9. Roti Pawa/Roti Kukus


Roti Pawa/Roti Kukus Salah satu makanan khas Sulawesi Barat yang wajib Anda coba adalah Roti Pawa/Kukus. Sekilas, roti ini terlihat seperti sanggul putih dengan bentuk bulat dan berisi. Roti pawa dan bakpao disiapkan dengan cara yang sama, yaitu dikukus. Namun, perbedaannya adalah roti Pawa terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan tepung beras. Roti Pawa/Kukus biasanya disajikan dengan isian khusus yaitu kacang tanah yang dicampur dengan gula merah dan gula pasir. Sensasi lembut dan manisnya kacang bercampur gula bisa Anda rasakan.

10. Jepa / Kue Kalumpang


Makanan Khas Sulawesi Barat Ketika berkunjung ke Sulawesi Barat, mencoba salah satu makanan khas pasti akan mengesankan. Jepa/Kue Kalumpang merupakan salah satu kuliner yang cukup populer dan dicari oleh wisatawan maupun penduduk lokal. Model kue Jepa ini memiliki bentuk bulat datar. Makanan lezat ini terbuat dari sagu dan singkong serta diisi gula aren untuk sensasi manis. Sayang sekali jika tidak mencoba hidangan khas Sulawesi Barat ini.

Nah, di atas adalah daftar 10 makanan khas Sulawesi Barat. Makanan apa yang paling enak dan kamu ingin mencobanya?

Share :

Baca Juga

Bencana

Jersey timnas Indonesia dilelang KPK 510.000: National Okzon

Bencana

Untuk pertama kalinya dalam 28 tahun, tidak ada tim yang memiliki skor sempurna di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022! OKZON BOLA

Bencana

Gunung Sumeru meletus dan ribuan warga mulai mengungsi