Home / Keuangan

Minggu, 18 Desember 2022 - 11:15 WIB

2,5 Juta Orang Pergi Naik Pesawat saat Libur Natal dan Tahun Baru 2023 : Media Baca Economy

Jakarta – PT Angkasa Pura II menyiapkan 20 bandara untuk mengakomodir hajatan tersebut. Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Mulai 19 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023 (H-6 Natal dan H+2 Tahun Baru), trafik penumpang Nataru Transit di 20 bandara diperkirakan mencapai 2,54 juta orang, meningkat 26,36% dibandingkan periode yang sama sebelumnya. tahun. tahun. Ada 2,01 juta penumpang.

Sedangkan penerbangan diperkirakan mencapai 20.349 penerbangan, naik 6,56 persen dari sebelumnya 19.096 penerbangan.

“Sesuai instruksi Menhub, AP II akan memastikan kesiapan 20 bandara, dan kita semua berharap angkutan Nataru beroperasi dengan aman, nyaman, sehat dan sehat,” kata Presiden AP II Mohammad Avaldin. dikutip pada hari Minggu. (18/12/2022).

Baca juga: Sebelum Nataru, konon jumlah penumpang di Terminal Calideres akan bertambah saat H-4 Natal.

Sebagai referensi, bandara AP II adalah: Bandara Soekarno-Hatta di Banten, Halim Perdanakusuma di Jakarta, Kualanamu di Medan, Supadio di Pontianak, Minangkabau di Padang, Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Sultan Sayarif Kasim II di Pekanbaru, Traska Di Husendar. Fisabilla Banda Aceh di Tanjung Pinang

Ebe Sultan Taha Jambi), Depati Amir di Pangkal Pinang, Silangit di Tapanuli Utara, Kertajat di Majalengka, Banyuangi, Tjilik Rivut di Palangkaraya, Radin Inten II di Lampung, HAS Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, Fatmawati Soekarbal Mayor Jenderal di Bekulurman. .

Avoldin mencatat, kerja sama dan komunikasi seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan di bandara AP1 berjalan dengan baik untuk meningkatkan pelayanan dan pelayanan kepada penumpang di saat peak season.

Baca juga: Antrean mulai terisi di stasiun Sennen, saatnya berangkat

Dalam rangka menjaga koordinasi pemangku kepentingan, AP II telah menetapkan wilayah pemantauan Natal dan Tahun Baru 2022/2023 mulai 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 di 20 bandara.

“Posko tersebut juga dirancang untuk memantau data penerbangan secara real time, sehingga AP II mampu menjaga aspek safety, maintenance, dan health saat krisis,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Operasi AP II Muhammad Wasid mengatakan Bandara Soekarno-Hatta akan menjadi bandara tersibuk selama Nataru Angkutan, dengan jumlah penumpang mencapai sekitar 1,38 juta dengan total 10.052 penerbangan.

“Persiapan Bandara Soekarno-Hatta antara lain program capacity balancing dimana seluruh penerbangan internasional Lion Air Group akan dipindahkan dari Terminal 3 ke Terminal 2F mulai 16 Desember 2022 agar setiap penerbangan menjadi lebih baik,” ujar Wasid. : .

Baca juga: Peduli terhadap penderita kanker, donasi rambut terus berlanjut bersama Lifebuoy dan MNC Peduli.

Bandara Soekarno-Hatta juga membuka aula umrah sementara di kawasan GCC untuk menampung penumpang Terminal 3 yang terus bertambah.

Ruang umrah memiliki ruang VIP, ruang standar, serta berbagai layanan seperti musala, kafe, ruang makan, dan agen perjalanan umrah menggunakannya sebagai ruang pertemuan atau menunggu jemaah umrah.

Lounge Umrah GCC akan dibuka pada 18 Desember 2022, sehingga peningkatan penumpang di Terminal 3 saat peak season tahun ini dapat tertangani dengan baik, ujarnya.

Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta diperkuat dengan Airport Operations Control Center (AOCC) untuk mengelola operasional bandara dan penerbangan bagi para pemangku kepentingan. Kemudian Airport Services Control Center (AICC) untuk mengelola fasilitas bandara dan Ground Transport Control Center (LTCC) untuk mengelola transportasi darat.

Bandara Soekarno-Hatta juga menawarkan dekorasi bertema dan acara bertema. Selain itu, AP II mengembangkan desain interior Terminal 3 dengan ide gerbang Indonesia sebagai pengganti gerbang luar dan pintu masuk dalam.

Selain itu, 20 fasilitas bandara dipastikan siap menangani pesawat selama transit Nataru. Misalnya, dibuatkan runway (ketebalan) di udara di Bandara HAS Hanandjoeddin dan Bandara Tjilik Right.

Dari segi personel, AP II melatih 6.231 personel selama Nataru Transport, yang meliputi personel operasional (keamanan pesawat, penyelamatan penerbangan dan pencegahan kebakaran, pengatur lalu lintas bandara, BKO TNI/Polri), personel layanan seperti layanan pelanggan, layanan manajemen penerbangan, digital . pemeliharaan dan peralatan.

Sumber artikel

Share :

Baca Juga

Keuangan

IKN Nusantara Jadi Katalis Perbaikan Ketimpangan Indonesia Barat dan Timur : Media Baca Economy

Keuangan

Hati-Hati! Buruan dapatkan IDR 600,000 BSU sebelum tanggal ini: Okzone Economy

Keuangan

BEI Catat 1 Obligasi dan 1 Saham dalam Sepekan : Media Baca Economy

Keuangan

4 Fakta Kenaikan Harga Minyak Pertamina dan Shell: Ekonomi Okzon

Keuangan

Belanja Negara Rp2.717 Triliun, Sri Mulyani: Untuk Rakyat Semuanya : Media Baca Economy

Keuangan

Beberapa orang memberikan Rp 3,5 juta ke garis bansos yang dibayarkan pada Desember 2022! Ekonomi Okzon

Keuangan

Mendag Sebut Harga Telur hingga Daging Stabil Jelang Nataru, Ini Rinciannya : Media Baca Economy

Keuangan

Startup PHK Massal, Era Bakar Duit Sudah Selesai : Media Baca Economy