Home / Keuangan

Jumat, 16 Desember 2022 - 18:20 WIB

3 BUMN Dapat PMN Rp10 Triliun, Sri Mulyani: Carinya Enggak Gampang Ini Uang Rakyat : Media Baca Economy

Jakarta – Menteri Keuangan (Mengku) Sri Mulyani Indrawati menyaksikan penandatanganan komitmen tiga BUMN yang diterima dari pemerintah dengan total Penanaman Modal Negara (PMN) Rp 10 triliun.

Ketiga perusahaan tersebut adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rp5 triliun, PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Rp2 triliun dan Badan Pengelola Dana Daerah (BPDLH) Rp3 triliun.

“Penandatanganan hari ini merupakan komitmen profesional dari ketiga CEO yang telah mengadopsi PMN. Pagi ini kami melihat 10 triliun Birr diberikan. Ini adalah jumlah yang sangat besar untuk anggaran negara kita. Mendapatkan Rp 10 triliun memang tidak mudah. Kami berharap dana yang dihasilkan dari uang rakyat ini membawa manfaat yang besar bagi masyarakat dan perekonomian,” kata Siri dalam Acara Pendanaan Pemerintah Kawasan Lebih Hijau di Gedung Danapala Jakarta, Jumat (16/12/2022).

Baca juga:Restorasi Hutan Mangrove, Sri Muliani

Penyaluran PMN ini merupakan bagian dari komitmen APBN 2022 untuk melanjutkan komitmen pemerintah dalam rencana pemulihan ekonomi negara, serta program pembangunan infrastruktur utama untuk memperkuat daya saing negara.

Menurut Shree, PMN 5 triliun telah dialokasikan ke PLN untuk menyediakan listrik bagi desa dan daerah yang belum teraliri listrik.

Dengan menyebarkan PMN, pemerintah akan memperkuat PS dan membantu UKM menghadapi berbagai tantangan dan meningkatkan efek limpahan dalam masyarakat dan ekonomi.

Baca juga: Peduli terhadap penderita kanker, donasi rambut terus berlanjut bersama Lifebuoy dan MNC Peduli.

Kami akan terus aktif, mantap, bertahap membangun setiap pelosok Indonesia. Karena semua orang Indonesia berhak mendapatkan layanan yang sama dimanapun mereka berada. Pendidikan, kesehatan, infrastruktur termasuk listrik. Di sinilah kita harus mengeluarkan uang kita untuk membangun Indonesia yang stabil dan berkeadilan,” kata Sri.

Selain itu, pemberian PMN kepada PT SMF akan digunakan untuk meningkatkan akses pembiayaan dan pembangunan di bidang perumahan, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Sedangkan PMN dapat digunakan untuk mendanai penanggulangan BPDLH terhadap dampak perubahan iklim.

Pemerintah dan BUMN berkomitmen membuat perdana menteri akuntabel dan transparan.

Komitmen tersebut tercermin dalam sistem PMN 2022 yang semakin meningkatkan key performance indicator (KPI) bagi BUMN penerima PMN. Oleh karena itu, Menkeu meminta kepada seluruh BUMN, terutama yang telah menerima PMN, untuk menularkan manfaat dengan memberikan PMN yang dihasilkan dari APBN yang hasilnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Karena itu bagian dari tanggung jawab sosial. Jangan sampai BUMN menganggap PMN sudah seharusnya. Saya berharap ini terus menjadi apa yang disebut dengan perilaku atau perilaku dan profesionalisme BUMN, SMV kita, para pengelola BLU kita ketika mengelola sumber daya negara dan publik. Oleh karena itu, kami memiliki tanggung jawab untuk terus menggerakkan pekerjaan yang bermanfaat bagi masyarakat dan ekonomi.

Sumber artikel

Share :

Baca Juga

Keuangan

Siapa Investor ke-10 Juta di Indonesia? Ternyata Seorang Driver Ojol : Media Baca Economy

Keuangan

Daftar 52 Pemda yang Belum Gercep Kendalikan Inflasi : Media Baca Economy

Keuangan

Penerimaan Pajak Capai Target, PNS Pajak Dapat Bonus Rp117 Juta : Media Baca Economy

Keuangan

Gubernur BI Prediksi Rupiah Menguat saat Ketegangan Global Mereda : Media Baca Economy

Keuangan

Resmikan Bendungan Ciawi Rp1,3 Triliun, Presiden Jokowi Singgung Banjir Jakarta : Media Baca Economy

Keuangan

7 Daftar Aksi Korporasi Emiten Hari Ini : Media Baca Economy

Keuangan

Momen Menteri PUPR Basuki Jadi Saksi Pernikahan Kaesang-Erina : Media Baca Economy

Keuangan

Pekerja Segera Ambil BSU Rp600.000 di Kantor Pos, Telat Uang Dikembalikan ke Negara : Media Baca Economy