Home / Qatar 2022

Kamis, 15 Desember 2022 - 12:50 WIB

Alasan Kenapa Jersey Kroasia Bermotif Kotak-Kotak seperti Papan Catur : Media Baca Bola

Alasan Itu sebabnya jersey Kroasia memiliki pola kotak-kotak. Kemeja kotak-kotak Kroasia jelas memiliki filosofi yang dalam.

Kemenangan Kroasia melawan Brasil mengirim tim asuhan Vatren ke semifinal pada 2022. Di Education City Stadium, Qatar menyaksikan dalam diam melawan Kroasia saat mereka menang 4-2 melalui adu penalti setelah 120 menit bermain. Dari 1-1.



Tim nasional Kroasia - tim nasional Brasil

Ada satu hal menarik di balik kesuksesan timnas Kroasia. Jersey kotak-kotak Kroasia sangat spesial.

Sedikit orang yang mengatakan bahwa jersey itu seperti papan catur. Namun, jersey kotak-kotak memiliki filosofi yang lebih dalam.

Lantas mengapa Kroasia menggunakan jersey bermotif kotak-kotak? Inilah alasan mengapa jersey Kroasia dianalisa seperti papan catur.

Garis merah putih pada jersey Kroasia disebut checker atau sahovnica. Pola kotak-kotak pada jersey Kroasia juga terdapat pada bendera Kroasia. Simbol nasional Kroasia ini adalah yang tertua di benua Eropa.

Tahun Kroasia mengadopsi lambang nasionalnya setelah memperoleh kemerdekaan pada tahun 1991. Proses mempelajari lambang negara Kroasia telah dikenal sejak akhir abad ke-15. Saat itu, Kroasia masih berada di bawah kendali Monarki Habsburg dan karena itu bergantung pada pemerintah Austria.

Menurut legenda Kroasia, tema papan catur berasal dari peristiwa abad ke-10. Raja Stefan Drislav dari Kroasia dipenjarakan oleh saingannya, Doge dari Venesia.

Jika Stephen mengalahkan Drzyslav dalam catur, Doge akan dibebaskan. Namun, Stephen Drzyslaw harus memenangkan tiga pertandingan catur berturut-turut. Berkat kepintarannya, ia mampu memenangkan catur.

Dia memilih papan catur sebagai simbol barunya untuk memperingati kemenangannya. Oleh karena itu, jaket nasional Kroasia memiliki pola catur.

tim nasional Kroasia

Ada juga cerita yang menjelaskan bahwa simbol tersebut berasal dari Iran kuno. Banyak artefak Iran menggunakan pola kotak-kotak. Dari tembikar dan bahan lainnya.

Simbol nasional Kroasia adalah pola kotak-kotak merah dan putih. Karena di masa lalu Kroasia terbagi menjadi dua wilayah. Satu wilayah Kroasia berwarna merah dan yang lainnya berwarna putih.

Warna merah dan putih melambangkan keberanian dan kekuatan rakyat Kroasia. Itu sebabnya mereka akan menggunakan logo ini di jersey Piala Dunia 2022.

Sumber artikel

Share :

Baca Juga

Qatar 2022

Emiliano Martinez Resmi Jadi Pesepakbola Paling Dibenci di Dunia : Media Baca Bola

Qatar 2022

Cristiano Ronaldo Gabung Al Nassr, Akhir Miris Rivalitas Sengit CR7 dan Lionel Messi? : Media Baca Bola

Qatar 2022

Gara-Gara Kurang 1 Trofi Ini, Lionel Messi Belum Resmi Dipanggil GOAT? : Media Baca Bola

Qatar 2022

3 Pemain Ini Diprediksi Punya Harga Jual yang Tinggi Usai Piala Dunia 2022, Nomor 1 Masuk Radar Manchester United : Media Baca Bola

Qatar 2022

Jelang Laga Inggris vs Senegal di Piala Dunia 2022, Gareth Southgate Sama Sekali Tak Anggap Remeh The Lions of Teranga : Media Baca Bola

Qatar 2022

3 Kesamaan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 dan Timnas Argentina saat Juara Piala Dunia 2022, Nomor 1 Bawa-Bawa Lionel Messi : Media Baca Bola

Qatar 2022

4 Wonderkid Calon Penerus Lionel Messi di Argentina, Nomor 1 Tampil Gemilang di Piala Dunia 2022! : Media Baca Bola

Qatar 2022

6 Final Piala Dunia yang Dijalani Timnas Argentina, Nomor 1 Jadi Aksi Terakhir Lionel Messi : Media Baca Bola