Home / Bisnis

Rabu, 16 November 2022 - 10:14 WIB

Alokasi Dana BLT UMKM belum Jelas, inilah Jawaban Kemenkop UMKM

Alokasi Dana BLT UMKM belum Jelas, inilah Jawaban Kemenkop UMKM

JAKARTA – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah mengumumkan bahwa rencana penyaluran bantuan keuangan langsung (BLT) kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masih dalam pembahasan. Eddy Satria, Menteri Koperasi dan UKM Bidang Produktivitas dan Daya Saing, mengatakan pihaknya masih menggarap BLT UMKM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).”

BPUM kita masih mengusahakannya, tapi mengingat waktunya mungkin wait and see,” katanya dalam acara Maju Digital di Kota Casablanca, Jakarta, Kamis (27 Oktober 2022). Selain itu, Eddy mengatakan karena sudah di penghujung tahun 2022, besar kemungkinan bantuan ini akan tersedia pada tahun 2023. “Kalau tahun ini tidak terjadi, maka tahun depan dalam bentuk yang disesuaikan dengan kebutuhan saat ini, tidak seperti Covid. -19: pada tahun 2020 dan 2021.

Tentu akan diformulasi ulang, tentunya Kemenkop akan berusaha kapan pun kami mendapatkan bantuan, kami akan melakukannya secara maksimal,” lanjutnya. Eddy mengatakan, bantuan yang diberikan akan disesuaikan dengan keadaan saat ini sesuai dengan sumber dananya. Sementara itu, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) selaku bank penyalur BPUM, BLT UMKM, mengungkapkan sejauh ini belum ada instruksi terkait penyaluran hibah ini. . menjadi channel bank,” kata Corporate Secretary BBRI Aestika Oryza Gunarto,

Selasa (/10/2022). Sementara itu, Menteri Koperasi UKM Teten Masduki mengungkapkan, BLT UKM saat ini sedang dibahas dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. “Saat ini belum ada keputusan soal [biaya] BLT UMKM, jadi masih dibahas di Kementerian Perekonomian,”ujarnya,

Kamis (6/10/2022). Sebelumnya, dalam pernyataan kenaikan BBM yang dikeluarkan pada 3 September, Jokowi memerintahkan pemerintah daerah untuk menggunakan DAU untuk usaha mikro dan mandiri. “Saya perintahkan kepada pemerintah daerah untuk menggunakan 2 persen dari uang transfer umum sebesar Rp 2,170 miliar untuk bantuan angkutan umum, bantuan ojek online dan nelayan,” ujarnya.

Artikel ini sudah tayang dan bersumber dari bisnis.com dengan judul :

https://m.bisnis.com/ekonomi-bisnis/read/20221027/12/1592060/alokasi-blt-umkm-belum-jelas-ini-jawaban-kemenkop-umkm

Share :

Baca Juga

Bisnis

KATALOG Promo JSM Indomaret 20-22 Januari 2023, Minyak Goreng 2 Liter Tinggal Rp 26.500

Bisnis

Tahun Baru Imlek Bertabur Promo, Cek Katalog Promo JSM Alfamart Hari Ini 22 Januari 2023

Bisnis

Sampai Desember Sektor Jasa Keuangan Indonesia Tetap Terjaga

Bisnis

Miliki 257 Insinyur, PT Vale Dapat Penghargaan dari PII

Bisnis

Seminar Nasional, PHRI Sulsel Bakal Bahas Optimisme Industri Pariwisata 2023

Bisnis

Jelang Imlek 2023, Kue Keranjang dan Buah Prem Laris Manis di Tokopedia

Bisnis

Promo Alfamart Terbaru Hari Ini Rabu 25 Januari 2023, Popok Bayi Berbagai Merek Turun Harga

Bisnis

Mudahkan Transaksi di Pasar Sentral, PT Melati Tunggal Inti Raya Teken MoU dengan Bank Mandiri