Home / Keuangan

Jumat, 16 Desember 2022 - 20:35 WIB

BI Prediksi Inflasi Desember 0,44% : Media Baca Economy

Jakarta – Bank IndonesiaDUA:) memperkirakan inflasi Desember 2022 dibandingkan dengan bulan sebelumnya (bulanan/MTM) sebesar 0,44 persen.

Erwin Hariono, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, mengatakan estimasi tersebut berasal dari hasil Survei Pengawasan Harga (SPH) minggu ketiga Desember 2022.

Pada pekan kedua Desember 2022, komoditas utama yang memberikan kontribusi kenaikan harga adalah telur ayam sebesar 0,07% (mtm) dan beras, tomat, dan perhiasan emas masing-masing sebesar 0,03%.

Untuk tahun ini, penyumbang utama inflasi pada Desember 2022 adalah telur ayam sebesar 0,08% (MTM), beras, tomat dan perhiasan emas masing-masing sebesar 0,03% (MTM), dan cabai ayam, ayam perap, digoreng dengan minyak dan diasinkan : Cengkeh Tembakau masing-masing 0,02% (MTM).

Selain itu, kubis, air minum PAM, bensin, dan angkutan udara masing-masing menyumbang 0,01 persen (MTM) terhadap inflasi Desember 2022.

Sementara itu, beberapa komoditi yang memberikan kontribusi kenaikan harga pada periode tersebut adalah cabai merah dan bawang merah masing-masing sebesar 0,01 persen (MTM).

“Bank Indonesia terus memperkuat kerjasama dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk mendukung pembangunan ekonomi dengan meningkatkan strategi integrasi kebijakan untuk menjaga stabilitas ekonomi dan sistem keuangan,” ujar Erwin.

Baca juga: Peduli terhadap penderita kanker, donasi rambut terus berlanjut bersama Lifebuoy dan MNC Peduli.

Bank Indonesia (BI) melihat inflasi harga konsumen (IHK) naik menjadi 3,61 persen pada 2023, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, dalam kebijakan anggaran tahunan BI (RATBI). .

Selain mengendalikan inflasi, tahun depan BI akan tetap menjaga nilai tukar rupiah di Rp15.070 per dolar agar stabil dan kuat.

Sumber artikel

Share :

Baca Juga

Keuangan

Seleksi PPPK 2022, Peserta Diingatkan Jangan Curang : Media Baca Economy

Keuangan

3 Menu Saham di Tengah Pelemahan IHSG : Media Baca Economy

Keuangan

Sri Mulyani: RI Harus Kenali Krisis Pangan untuk Krisis Keuangan 2023: Ekonomi Okzon

Keuangan

Ini Daerah Terkaya di DKI Jakarta, Jaksel Kalah Jauh : Media Baca Economy

Keuangan

Sri Mulyani Masih Bereskan Pekerjaan Sebelum 2022 Berakhir : Media Baca Economy

Keuangan

Erick Thohir Bakal Gabung Angkasa Pura I dan II : Media Baca Economy

Keuangan

China Lockdown, Jokowi: Kapan Keruntuhan Ekonomi? Kita tunggu saja: ekonomi Okzon

Keuangan

Ketika Mesir ‘Ketagihan’ dengan Utang, Begini Nasib Rakyatnya : Media Baca Economy