Home / Terkini

Jumat, 2 Desember 2022 - 17:30 WIB

Di Bali, rabies diobati dengan metode PMK: Okzone News

Taban. – Di Provinsi Bali, pengendalian rabies dilakukan dengan menggunakan sistem penanganan virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Situasi kita sama dengan pengelolaan PMK yaitu vaksinasi yang kita lakukan dengan cara sweeping dari kabupaten zona merah,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali 1 Wayan Sunada di Provinsi Tabanan. Antara, Jumat (2/12/2022).



Selanjutnya kabupaten yang masuk zona merah di Provinsi Bali yaitu Buleleng, Jembrana, Karagasem dan baru-baru ini Kabupaten Banli akan diprioritaskan vaksinasi di keempat kabupaten tersebut.

Ketika kasus PMK merebak di Indonesia, termasuk Bali, pihaknya mengambil kebijakan serupa vaksinasi, pembatasan keluar masuk sapi dan babi, serta pemusnahan, namun kasus rabies, kata Sunada, akan menjadi prioritas dalam pelaksanaannya. pemerintah daerah Bali. Vaksinasi.

Dikatakannya, untuk proses vaksinasi, pihaknya telah membentuk posko rabies di setiap kecamatan, Tim Peringatan Rabies (Tisira) dan e-team yang terdiri dari kepala desa, Babinsa, Yowan atau karang taruna dan bidan desa.


Baca juga: Peduli pejuang kanker, donasi rambut sedang berlangsung di Lifebuoy x MNC Peduli!

Sementara jumlah vaksin rabies yang dimiliki Pemprov Bali saat ini sebanyak 78 ribu dosis, termasuk 200 ribu dosis dari pemerintah pusat.

“Itu (stok vaksin rabies) sudah cukup, setiap kabupaten sudah vaksinnya dan 10.000 dosis sudah disiapkan oleh posko provinsi. Jadi kabupaten yang kekurangan vaksin harus diambil oleh provinsi, mereka akan merilis dulu yang ada,” Sunada mengatakan kepada media.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Bali mengatakan, jumlahnya mencapai lebih dari 600, dengan jumlah korban rabies terbanyak di Provinsi Buleleng.

Selanjutnya, jumlah anjing yang terdaftar di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bali sebanyak 632.866 ekor, dengan rincian di Provinsi Buleleng 93.337 ekor, Kota Denpasar 89.796 ekor dan terendah di Kabupaten Klungkung sebanyak 18.338 ekor.

Sumber artikel

Share :

Baca Juga

Terkini

Cerita Pilu Nikita Mirzani Pergoki sang Ayah Selingkuh : Media Baca Celebrity

Terkini

Deretan Inovasi Bus yang Muncul di Tahun 2022, Canggih Banget : Media Baca Otomotif

Terkini

Wejangan Ketum PSSI Jelang Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam di Piala AFF 2022: Harus Ngotot Demi Raih Kemenangan! : Media Baca Bola

Terkini

Polisi Gagalkan Penyelundupan 1,3 Ton Ganja dalam Mobil Boks di Medan : Media Baca News

Terkini

Cek Penerima BLT Subsidi Gaji Lewat HP, 7 Hari Lagi BSU Rp600.000 Hangus! Buruan ke Kantor Pos : Media Baca Economy

Terkini

Jalan Menuju IKN Senilai Rp35 Miliar Segera Dibangun : Media Baca Economy

Terkini

Jalur Puncak Kembali Dua Arah, 18 Ribu Kendaraan Tercatat Kembali ke Jadetabek : Media Baca Megapolitan

Terkini

6 Potret Atlet Taekwondo Cantik Patrycja Adamkiewicz, Juara 7 Kali Berturut-turut! : Media Baca Lifestyle