Home / Terkini

Jumat, 9 Desember 2022 - 09:35 WIB

Ekspor Produk Halal RI Kalah dari Malaysia, Ini Penyebabnya : Media Baca Economy

Bandung – Produk luar Produk halal Namun, Indonesia kalah dari Malaysia. Produk halal masih sangat terbatas di Indonesia.

Menurut Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), ekspor halal Indonesia hanya menyumbang 3,8% dari pasar halal global.

Menurut Helma Agustivan, Vice President Inkubasi Bisnis Syariah KNEKS, penyebab rendahnya jumlah produk impor Indonesia adalah banyaknya produk halal yang tidak terdaftar sebagai produk impor.

“Misalnya, minyak sawit sebenarnya halal karena tidak ada proses selain produk mentahnya. Namun, bukan produk halal yang diekspor. Oleh karena itu, mereka tidak terdaftar sebagai produk halal. Hal itu disampaikannya saat berkunjung ke UKM di Bandung, Kamis (8/12/2022).

Menurut Helma, jika produk minyak sawit atau produk lainnya terdaftar sebagai produk halal, Indonesia bisa menempati urutan pertama dalam mengekspor produk halal.

Baca juga: Peduli terhadap penderita kanker, donasi rambut terus berlanjut bersama Lifebuoy dan MNC Peduli.

Artinya, jika produk tersebut masuk dalam produk halal, kita sudah menjadi penjual produk halal nomor 1, ujarnya.

Helma saat ini bekerja dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, National Single Window Center (LNSW) dan Pusat Koordinasi Produk Halal (BJPH) di KNEKS sejak 2020.

Dengan membuat kode untuk produk Halal, data perdagangan impor dan ekspor Halal dapat diintegrasikan ke dalam sistem pelaporan inventaris.

“Saat ini, kami mendorong perusahaan besar untuk mencantumkan kode 952 dalam dokumen pemberitahuan produk saat mengekspor,” ujarnya.

Sumber artikel

Share :

Baca Juga

Terkini

6 Potret Dokter Cantik Kalia Labitta, Mantan Model Majalah Remaja Loh : Media Baca Lifestyle

Terkini

Hasil Leicester City vs Newcastle United di Liga Inggris 2022-2023: Menang 3-0, The Magpies Gusur Posisi Manchester City! : Media Baca Bola

Terkini

Miris! Tak Ada Jembatan, Warga Labuhanbatu Gotong Jenazah Seberangi Sungai : Media Baca News

Terkini

Hasil Timnas Kroasia vs Maroko di Perebutan Juara Ke-3 Piala Dunia 2022: Menang 2-1, Luka Modric Cs Amankan Medali Perunggu! : Media Baca Bola

Terkini

Resmi Gabung Aston Martin, Fernando Alonso Pasang Target Ambisius Juara Dunia F1 2023 : Media Baca Sports

Terkini

Prediksi Pemenang 5 Penghargaan Piala Dunia 2022: Lionel Messi Sabet 2 Gelar? : Media Baca Bola

Bencana

Gunung Sumeru meletus dan ribuan warga mulai mengungsi

Terkini

Ada unjuk rasa PA 212 di Masjid Attin, polisi imbau masyarakat menjauhi kawasan Mini Park: OKZONE Megapolitan