Menu

Mode Gelap
Exclusive dari Qatar: Jelang Kroasia vs Maroko, Vatreni Tetap Anggap Serius Laga Perebutan Juara Ketiga Piala Dunia 2022 : Media Baca Bola Resmi! Joni Supriyanto Terpilih sebagai Ketua Umum PB Perbakin Periode 2022-2026 : Media Baca Sports BEI Catat 1 Obligasi dan 1 Saham dalam Sepekan : Media Baca Economy Soal Kembali Bela Prancis di Final Piala Dunia 2022, Karim Benzema Beri Respons Jelas : Media Baca Bola Prediksi Update Ranking BWF Desember 2022: Fajar Alfian Rian Ardianto Naik ke Urutan Kedua : Media Baca Sports

Terkini · 1 Des 2022 11:15 WIB ·

Google Doodle Mengingat Gerald Jerry Lawson, Bapak Permainan Modern: OKZONE TECHNO


 Google Doodle Mengingat Gerald Jerry Lawson, Bapak Permainan Modern: OKZONE TECHNO Perbesar

JakartaGoogle Doodle Hari ini menandai ulang tahun ke-82 ikon game interaktif Gerald “Jerry” Lawson, salah satu bapak game modern.

Jerry Lawson memimpin tim yang mengembangkan sistem video game rumahan pertama dengan kartrid game yang fleksibel.

Lawson lahir pada tahun 1940 di Brooklyn, New York. Dia mengutak-atik elektronik sejak kecil, memperbaiki TV lokal dan membangun stasiun radionya sendiri menggunakan komponen daur ulang.

“Dia kuliah di Queens College dan City College of New York,” kutip Google dari keterangan resminya, Kamis (1/12/2022).

Saat itu, kota dan sekitarnya dikenal sebagai “Silicon Valley”, karena ledakan perusahaan teknologi inovatif di daerah tersebut.

Setibanya di California, Lawson bergabung dengan Fairchild Semiconductor sebagai konsultan teknik. Beberapa tahun kemudian, Lawson dipromosikan menjadi direktur teknik dan pemasaran untuk departemen video game Fairchild, menciptakan sistem Fairchild Channel F (“F” berarti kesenangan!).

Itu adalah konsol sistem video game rumah pertama yang menampilkan kartrid game yang dapat dipertukarkan, joystick digital 8 arah, dan menu jeda. Saluran F membuka jalan bagi sistem game masa depan seperti Atari, SNES, Dreamcast, dan lainnya.

Di tahun Pada tahun 1980, Lawson meninggalkan Fairchild untuk membentuk perusahaannya sendiri, Videosoft, salah satu perusahaan pengembangan video game paling awal milik Black.

Perusahaan membuat perangkat lunak untuk Atari 2600, yang mempopulerkan kartrid yang dikembangkan Lawson dan timnya.

Meskipun ditutup setelah lima tahun, Lawson terus berkonsultasi dengan berbagai perusahaan teknik dan video game sepanjang sisa kariernya, menjadikan dirinya sebagai pelopor dalam industri tersebut.

Di tahun Pada tahun 2011, Asosiasi Pengembang Game Internasional mengakui Lawson sebagai pelopor industri atas kontribusinya pada dunia game.

University of Southern California telah menciptakan Gerald A. Lawson Fund untuk mendukung siswa yang kurang terwakili yang ingin mengejar gelar sarjana atau pascasarjana dalam desain game atau ilmu komputer.

Pencapaian Lawson diabadikan dalam World Video Game Hall of Fame di Rochester, New York.

Sumber artikel

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Admin

Baca Lainnya

Jadwal Imsak dan waktu sholat bulan ini Januari 2023, daerah Jakarta dan sekitarnya

2 Januari 2023 - 11:03 WIB

Perayaan Tahun Baru 2023 Berlangsung Meriah di Seluruh Dunia Usai Pandemi Covid Selama 2 Tahun : Media Baca News

2 Januari 2023 - 08:55 WIB

Sidang Lanjutan, Kubu Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf Hadirkan Saksi Meringankan : Media Baca Nasional

2 Januari 2023 - 06:45 WIB

Kisah Kocak Kencan Pertama Francesco Bagnaia Bersama sang Kekasih: Menabrak Tiang! : Media Baca Sports

2 Januari 2023 - 04:35 WIB

Hasil Tottenham Hotspur vs Aston Villa di Liga Inggris 2022-2023: The Lilywhites Dipermalukan The Villans 0-2 : Media Baca Bola

2 Januari 2023 - 01:25 WIB

Awal Tahun 2023, Waspada Gelombang Sangat Tinggi hingga 6 Meter di Perairan Indonesia : Media Baca Nasional

1 Januari 2023 - 23:18 WIB

Trending di Terkini