Home / Terkini

Sabtu, 10 Desember 2022 - 02:55 WIB

Hasil Timnas Brasil vs Kroasia di Piala Dunia 2022: Dramatis, Brasil Kalah Adu Penalti dari Kroasia! : Media Baca Bola

Hasil Pada pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 antara Kroasia dan Brasil, tim Vatreni, julukan Kroasia, mendapat kejutan setelah Selecao (julukan Brasil) membaik di area penalti.

Laga berlangsung di Education City Stadium, Qatar, Jumat (9/12/2022) malam WIB. Kedua tim bermain imbang 0-0 di waktu normal. Sementara itu, di perpanjangan waktu, Brasil memimpin melalui Neymar Jr. (105+1′), namun Kroasia melalui Bruno Petković (117′) mampu menyamakan skor dan menyudahi skor menjadi 1-1.



Kroasia vs Brasil

Bentuk permainan

Langkah pertama

Sejak awal pertandingan, Brasil dan Kroasia berusaha menaikkan permainannya. Tidak ada tim yang merasa nyaman dengan bola. Namun, Samba dan Watreni dari kedua tim terkadang memulai serangan, namun lini pertahanan masing-masing bisa ditembus.

Brasil pun terancam dengan aksi Vinicius cs muda yang melakukan serangan cepat. Namun, kemajuan Tite masih bisa ditepis dengan mudah oleh Dejan Lovren dan rekan satu timnya hingga menit ke-15.

Menanggapi tekanan Brasil, Kroasia mengandalkan serangan langsung. Namun, upaya Ivan Perisic masih gagal menjebol pertahanan Selecao yang ditopang Thiago Silva cs.

Pada menit ke-20, tembakan Neymar Jr. berhasil diselamatkan oleh Dominik Livakovic. Sayangnya, meski bolanya tepat, itu terlalu lemah. Setelah itu, Brasil kembali membangun serangan.

Sementara Kroasia cenderung mengandalkan serangan balik sementara Brasil terus mendominasi penguasaan bola. Pada menit ke-30, Vatreni mencoba memukul Ivan Perišić di luar kotak penalti. Sayang, bola masih berada di atas mistar.

Setelah itu, kedua tim bermain asal-asalan dan sering salah memberikan bola. Neymar mendapat kesempatan membuka penalti untuk Brasil pada menit ke-42. Untungnya, tendangan bebas bertenaga bintang PSG itu berhasil diselamatkan oleh Dominik Livakovic. Sementara babak pertama berakhir 0-0, tidak ada gol yang tercipta.

Langkah kedua

Segera setelah dimulainya babak kedua, Brasil tancap gas. Pada menit ke-47, Neymar Jr. dia memiliki peluang emas di area penalti. Namun, tembakannya masih bisa diblok. Sekilas, bola mengenai tangan salah satu bek Kroasia. Tapi wasit tidak menganggap itu handball.

Pada menit ke-55, Neymar kembali mendapat peluang emas. Bintang PSG menempatkan bola dengan kaki kirinya setelah menerima umpan di area penalti. Sayang, bola masih bisa diblok kaki kiper Kroasia itu. Tim samba kembali gagal mengubah klasemen.

Pada menit ke-66, Lucas Paqueta (Brasil) nyaris membuka skor dengan tendangan keras ke dalam kotak penalti. Tapi Dominik Livakovic melakukan penyelamatan hebat yang berakhir di sudut.

Brasil terus menyerang pertahanan Vatreni. Pada menit ke-76, Neymar merebut bola dari titik penalti dan Dominik Livakovic menebak bola dengan tepat dan melepaskan tembakan melebar.

Di menit ke-80, Lukas Paketa gagal mengeksekusi penalti, sayangnya kiper Kroasia itu masih bisa menyelamatkan bola. Setelah itu, kedua tim berusaha mencetak poin pertama, namun upaya mereka gagal hingga peluit panjang dibunyikan wasit. Skor tetap 0-0 hingga babak kedua.

Lebih banyak waktu

Setelah peluit, Brasil menyerang dengan cepat. Pada menit ke-91, Antoni mendapat umpan bagus dari jarak jauh, namun gagal disia-siakan oleh bek Kroasia. Brasil melakukan tendangan sudut saat wasit menunjukkan bendera sudut.

Kroasia vs Brasil

Kemudian pada menit ke-99, Lucas Paqueta dan Neymar mencoba membuka jalan dengan serangkaian permainan pendek, namun salah satu lawan Kroasia mengintervensi dan menghentikan pergerakan.

Gol manis Neymar Jr. untuk kerja sama luar biasa Brasil. Di menit 105, +1 akhirnya berhasil membobol gawang Kroasia. Setelah memulai satu-dua antara Neymar dan rekan setimnya Lucas Paqueta, bola dikembalikan ke Neymar.

Neymar berhasil menaklukkan kiper Kroasia dan memasukkan bola ke gawang Metreni. Gol bintang PSG di 15 menit pertama perpanjangan waktu membuat kedudukan menjadi 1-0 di Brasil.

Di 15 menit kedua, Kroasia berusaha menyamakan skor. Namun, CS asuhan Luka Modric kerap kesulitan untuk menjebol pertahanan Brasil.

Kali ini, kerja keras Kroasia membuahkan hasil. Bruno Petkovic menyamakan kedudukan pada menit ke-117, 1-1, dan butuh waktu hingga perpanjangan waktu. Pertandingan diakhiri dengan adu penalti.

Penalti

Kroasia (4): Nikola Vlasic (O), Lovro Mayer (O), Luka Modric (O).

Brasil (2): Rodrigo Goes (X), Casemiro (O), Pedro (O), Marquinhos (X).

Sekelompok pemain

Kroasia XI (4-3-3): Dominik Livakovic (GC); Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Guardiol, Borna Sosa, Ante Budimir (110′); Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mislav Orsic, 114′, Mateo Kovacic, Lovro Majer (106′); Mario Pasalic (Nikola Vlasic, 72′), Andrej Kramaric (Bruno Petkovic, 72′), Ivan Perisic.

Cadangan: Josip Stanisic, Borna Barisic, Martin Erlich, Lovro Majer, Ivo Gribic, Nikola Vlasic, Marko Livaja, Bruno Petkovic, Ante Budimir, Mislav Orsic, Domagoj Vida, Ivica Ivusic, Josip Sutalo, Luka Suchic, Christian Jakic.

Pelatih: Zlatko Dalik

Brasil XI (4-3-3): Alison Becker (GK); Eder Miltao (Alex Sandro, 106′), Marquinhos, Thiago Silva, Danilo; Lucas Paquette, Fred 106′, Casemiro; Rafinha (Antoni, 56′), Neymar Jr., Vinicius Jr. (Rodrigo Goes, 64′); Richarlison (Pedro, 84′).

Cadangan: Everton, Alex Sandro, Fred, Dani Alves, Fabinho, Bruno Guimaraes, Antoni, Rodrigo Goyes, Everton Ribeiro, Ederson, Bremer, Pedro, Gabriel Martinelli.

Pelatih: Tite

Sumber artikel

Share :

Baca Juga

Terkini

Menhub Minta Bandara Soetta Cegah Delay Penerbangan : Media Baca Economy

Terkini

Hasil Leicester City vs Newcastle United di Liga Inggris 2022-2023: Menang 3-0, The Magpies Gusur Posisi Manchester City! : Media Baca Bola

Terkini

Bali Diguncang 8 Kali Gempa dalam Waktu yang Berdekatan, Ini Detail dan Lokasinya : Media Baca Nasional

Terkini

Kabar Duka Dunia Sepakbola, Pele Meninggal di Usia 82 Tahun! : Media Baca Bola

Terkini

Awal Tahun 2023, Waspada Gelombang Sangat Tinggi hingga 6 Meter di Perairan Indonesia : Media Baca Nasional

Terkini

Shin Tae-yong Ungkap Penyebab Banyak Rotasi Pemain Andalan Timnas Indonesia di Awal Babak Kedua Kontra Kamboja : Media Baca Bola

Terkini

Malam Tahun Baru, Operasional KRL Akan Diperpanjang hingga Pukul 03.00 WIB : Media Baca Megapolitan

Terkini

4 Negara yang Terancam Gagal Lolos ke Semifinal Piala Dunia 2022, Nomor 1 Didominasi Pemain Keturunan! : Media Baca Bola