Home / Terkini

Selasa, 6 Desember 2022 - 02:00 WIB

Hasil Timnas Jepang vs Kroasia di 16 Besar Piala Dunia 2022: Dominik Livakovic Bersinar, Vatreni Menang Adu Penalti! : Media Baca Bola

Hasil Disini akan dibahas Piala Dunia 2022 melawan Jepang dan Kroasia. Laga di Stadion Al Janub, Senin (5/12/2022) malam, berakhir 1-1 setelah 120 menit dan harus lewat adu penalti.

Daizen Mada membuat Jepang unggul dengan gol pada menit ke-43. Namun, Ivan Perišić menyamakan kedudukan pada menit ke-55.



Timnas Jepang vs Timnas Kroasia

Dominik Livakovic, penjaga gawang timnas Kroasia, mencetak tiga gol tendangan bebas dan menjadi pahlawan kemenangan Kroasia. Kroasia menang 3-1 lewat adu penalti.

Bentuk permainan

Langkah pertama

Tim Kroasia mengawali babak pertama mencoba bermain menyerang. Mereka memainkan performa menyerang tinggi yang langsung memboyong tiga pemain Luka Modric, Marcelo Brozovic dan Mateo Kovacic ke lapangan.

Sayangnya, beberapa serangannya tidak cukup efektif untuk menjebol pertahanan Samurai Biru, julukan timnas Jepang. Di sisi lain, anak buah Hajime Moriasu memiliki peluang emas dengan sundulan Shogo Taniguchi.

Namun, bola lolos melewati Dominik Livakovic di tepi kanan area gawang. Kedua tim yang bermain tanpa henti menampilkan permainan menyerang dan mengontrol. Itu terjadi hingga menit ke-20 pertandingan.

Setelah itu, Vatreni, julukan timnas Kroasia, memperlambat permainan. Namun, anak asuh Zlatko Dalic secara bertahap membangun serangan yang mengancam pertahanan The Blues. Beruntung, tim Jepang mampu memprediksinya dengan baik.

Samurai Biru kini bermain dengan tekanan. Begitu mereka menindaklanjuti, Daichi Kamada dan rekannya dapat menghemat energi untuk melancarkan serangan cepat. Namun, pada menit ke-35, permainan tim Jepang mendominasi.

Di penghujung babak pertama, Samurai Biru melakukan umpan pendek. Pada akhirnya, mereka mampu memimpin gol lapangan Deisen (43). Gol tersebut berawal dari umpan panjang yang berujung kemelut di gawang Livakovic.

Berdiri di area penalti, Mada langsung melepaskan tembakan di saat yang tepat, yang tak mampu dibendung kiper. Pada akhirnya, timnas Jepang berhasil mengalahkan Kroasia 1-0 di laga pertama.

Langkah kedua

Di awal babak kedua, kedua tim menunjukkan serangan dan kontrol permainan. Sementara tim Jepang terus menekan, Kroasia mencari celah untuk membangun serangan efektif. Namun, tidak ada gol lebih lanjut yang dicetak hingga menit ke-50.

Vatreni yang tersisa terus menyerang pertahanan tim Jepang. Hasilnya luar biasa, Ivan Perisic (55′) mampu menyamakan kedudukan dengan sundulan maut Kroasia. Itu 1-1 ketika penyerang Tottenham mengubah bola Dejan Lovren.

Setelah gol ini, tim Kroasia memperlambat permainan. Hal ini memaksa Jepang melancarkan serangan berat. Pada menit ke-57, Wataru Endo mencetak gol dan memberi peluang emas bagi Samurai Biru.

Namun, Livakovic mampu menepis tendangan penalti pemain “Stuttgart”. Vatreni tidak mau terus memukuli, jadi dia menyerang. Kali ini giliran Suchi Gonda yang bangkit dan turun menyelamatkan gawang.

Timnas Jepang vs Timnas Kroasia

Pada menit ke-70, tim Kroasia melakukan serangan besar. Ivan Perisic, Luka Modric dan Mario Pasalic menjadi ancaman di lapangan. Namun, mereka tidak pernah berhasil menggandakan keunggulan itu.

Kedua tim terus mencetak gol di menit akhir. Pada akhirnya, hasil imbang 1-1 memaksa kedua tim melakukan overtime atau perpanjangan waktu.

Lebih banyak waktu

Di babak pertama perpanjangan waktu, tim Kroasia dan Jepang terlihat kelelahan. Namun, tim Kroasia yang mampu bermain imbang bermain lebih baik di awal pertandingan.

Sementara itu, tim Jepang bermain dengan tenang dan mencari langkah ofensif. Game ini tentang Samurai Biru. Pada menit ke-104, Kaoru Mitoma mencetak gol lewat serangan cepat.

Pada akhirnya, tidak ada gol tercipta di babak pertama perpanjangan waktu. Memasuki babak kedua perpanjangan waktu, tim Kroasia terus menyerang pertahanan biru Zamora. Marko Livakha yang masuk sebagai mahasiswa baru kerap menjadi ancaman.

Namun, tim Jepang yang bermain bagus dalam bertahan akhirnya berhasil menahan serangan Kroasia. Tidak ada gol lebih lanjut pada akhirnya. Kedua tim harus terus bermain sampai tendangan penalti.

Adu penalti.

Jepang (1): Minamino X, Mitoma X, Asano O, Yoshida X,

Kroasia (3): Vlasic O, Brozovic O, Livaya X, Pasalic O.

Timnas Jepang vs Timnas Kroasia

Jepang – Pemain tim nasional Kroasia

Jepang (3-4-3) Suchi Gonda (GC), Takehiro Tomiyasu, Shogo Taniguchi, Junya Ito, Wataru Endo, Hidemasa Morita, Yuto Nagatomo (Kaoru Mitoma 64′), Ritsu Doan (Takumi Minamino 87′), Daizen Maeda (Takuma Asano 64′) , Daichi Kaya . (Hiroki Sakai 75′).

Pelanggan: Eiji Kawashima, Miki Yamane, Gaku Shibasaki, Kaoru Mitoma, Takumi Minamino, Ao Tanaka, Takuma Asano, Hiroki Sakai, Shuto Machino, Ayase Uda, Daniel Schmidt, Yuki Soma, Hiroki Ito.

Pelatih Hajime Moriasu

Kroasia (4-3-3)Dominic Livakovic (GK), Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Guardiol, Borna Bariicic, Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic, Andrej Kramaric (Mario Pasalic 68′), Bruno Petkovic (Ante Budimir 62′), Ivan Pevicic.

Cadangan: Martin Elic, Lovro Majer, Ivo Gribic, Nikola Vlasic, Marko Livaja, Mario Pasalic, Ante Budimir, Mislav Orsic, Domagoj Vida, Ivica Ivusic, Josip Sutalo, Luka Suchic, Christian Jakic.

Pelatih: Zlatko Dalik

Sumber artikel

Share :

Baca Juga

Terkini

Adrien Rabiot yang tampil reguler bersama timnas Prancis di Piala Dunia 2022 mendapat pujian dari Didier Deschamps: Okzon Bola.

Bencana

Banjir Semarang, 7 KA Terlambat Tiga Jam Masuk Surabaya : Media Baca Video

Terkini

Prakiraan Cuaca Jakarta: Hujan Mengguyur dari Siang hingga Dini Hari : Media Baca Megapolitan

Terkini

Kisah Pesepakbola Terkaya Dunia Berharta Rp296 Triliun, Mulai Karier di Inggris Kini Gagal Hadapi Timnas Indonesia! : Media Baca Bola

Terkini

Hasil Timnas Argentina vs Kroasia di Semifinal Piala Dunia 2022: Lionel Messi dan Julian Alvarez Kubur Vatreni 3-0! : Media Baca Bola

Terkini

Bisnis Rumah Subsidi Masih Menjanjikan pada 2023 : Media Baca Economy

Terkini

PBCI Tetapkan Target Kemenangan Tunggal Putra dan Ganda Putra Indonesia di BWF World Tour Finals 2022: OKZONE Sports

Terkini

Jadwal Final Piala Dunia 2022: Argentina vs Prancis! : Media Baca Bola