Home / Keuangan

Rabu, 7 Desember 2022 - 22:25 WIB

Jokowi Bakal Hapus 40 Gerbang Tol, Masuk Langsung Sat Set Tanpa Tempel Kartu : Media Baca Economy

Jakarta – 40:00 Gerbang tol Itu akan dihapus tahun depan. Pengguna jalan tidak perlu berhenti untuk membayar karena sudah menggunakan sensor.

Danang Parikesit, Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), mengatakan sistem transaksi saat ini masih bermasalah dengan waktu. Karena sistem saat ini menghasilkan banyak lalu lintas.

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk mencari solusi dengan meniadakan gerbang tol dan menggantinya dengan transaksi pembayaran Multi-Lam Free Flow (MLFF) berbasis sensor.

“Presiden memerintahkan agar tidak ada gerbang tol, semuanya akan diganti dengan sensor, dan ini sudah terjadi sejak 2016. Penting bagi kita untuk memahami apa yang telah diperintahkan presiden tahun ini dan tahun depan. redaksi di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Sementara itu, mulai 2021, pemerintah telah mengumumkan tender pembelian Badan Usaha Pelaksana (BUP) yang akan mengerjakan Sistem Transaksi Pembayaran Tunai Tanpa Kontak atau MLFF. Di mana PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) memenangkan tender, perjanjian kerja sama kemudian ditandatangani pada 15 Maret 2021.

Da Nang menjelaskan, kesepakatan tersebut akan mencakup 40 tim yang akan menggunakan sistem MLFF. Di mana pengguna pass tidak perlu menyentuh kartu.

“Ketika kami menjual, mereka menjanjikan 40 unit. Hingga Desember 2023, telah dilaksanakan 40 unit di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: Peduli terhadap penderita kanker, donasi rambut terus berlanjut bersama Lifebuoy dan MNC Peduli.

“Untuk menyeberang jalan tol nanti, pengguna hanya perlu mengunduh dan mendaftarkan aplikasi Cantas dan mengecek apakah saldo tersedia. Karena di jalan tol akan ada traffic area yang mengontrol kendaraan di beberapa titik, maka akan terjadi pelanggaran hukum,” imbuhnya.

Sistem MLFF didasarkan pada teknologi satelit Global Navigation Satellite System (GNSS), dan melalui teknologi satelit inilah pergerakan kendaraan terdeteksi saat melintasi jalan tol.

Nantinya, untuk keluar dari proses checkout, pengguna cukup menekan tombol Home di aplikasi Qantas sebelum masuk ke proses checkout. GPS menentukan lokasi yang ditentukan oleh satelit, dan proses pencocokan peta dilakukan dalam sistem terpusat. Saat perjalanan berakhir dan kendaraan keluar dari jalan tol, fungsi peta pun berakhir. Secara otomatis, aplikasi menghitung jumlah dan jumlah ditarik secara otomatis.

Sementara itu, kepala proyek PA. Roatex Indonesia Toll System (RITS) Emil Iskandar menjelaskan pengenalan sistem MLFF akan dilakukan secara bertahap.

Uji coba terbatas dijadwalkan pada Januari 2023 hingga April 2023 di Jalan Tol Bali Mandara. Diharapkan masyarakat dapat mendaftar di aplikasi Qantas pada bulan April.

Distribusi percontohan MLFF juga akan ada di Bali pada Juni 2023, tetapi masih ada pintu untuk transaksi nontunai reguler. Hingga Desember 2023, terdapat 40 jalan tol yang menerapkan sistem MLFF.

Sumber artikel

Share :

Baca Juga

Keuangan

Mendag Sebut Harga Telur hingga Daging Stabil Jelang Nataru, Ini Rinciannya : Media Baca Economy

Keuangan

Momen Menteri PUPR Basuki Jadi Saksi Pernikahan Kaesang-Erina : Media Baca Economy

Keuangan

Ucapkan Tahun Baru 2023, Susi Pudjiastuti: Semoga Semuanya Lebih Baik : Media Baca Economy

Keuangan

China Lockdown, Jokowi: Kapan Keruntuhan Ekonomi? Kita tunggu saja: ekonomi Okzon

Keuangan

OJK Terbitkan Batas Maksimum Pemberian Kredit BPR hingga BPRS : Media Baca Economy

Keuangan

KRL Beroperasi hingga Pukul 03.00 saat Malam Tahun Baru 2023 : Media Baca Economy

Keuangan

Pesan Jokowi: Jangan Sampai Krisis Pangan Menular Jadi Masalah Sosial : Media Baca Economy

Keuangan

Harga Telur Naik di Atas Rp30.000 Kg dan Cabai Dekati Rp50.000 Kg Jelang Natal : Media Baca Economy