Home / Terkini

Selasa, 20 Desember 2022 - 08:05 WIB

Ketua KPK Temui Pimpinan KY Buntut Rentetan Hakim di MA Jadi Tersangka : Media Baca Nasional

Jakarta – Presiden Komisi Pencegahan Korupsi Firli Bahuri turun tangan langsung dan meminta pimpinan Komisi Yudisial untuk membahas masalah korupsi di bidang peradilan. Setelah hakim Mahkamah Agung mencurigai KPK, Fairley sengaja menemui Ketua KY Mukti Fajar Noor Dewatta.

“Empat hari yang lalu, saya melakukan pertemuan tatap muka dengan bos Kay. Kami berbicara tentang meningkatkan sistem peradilan kami. Malu saya panggil Pak Mukti Fejar Noor Devata yang tidak bisa hadir hari ini,” kata. Office, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (19/12/2022).




Dalam pembicaraannya dengan Presiden Kay, KPK sepakat untuk bekerja sama dalam memperbaiki sistem peradilan di Indonesia. Tujuannya adalah untuk mencegah penyuapan dalam sistem peradilan.

Tak hanya dengan Kay, KPK juga telah bekerja sama dengan Badan Tata Usaha Negara Pengadilan Tinggi (BAWS) untuk mencopot lowongan yang rawan korupsi.

“KPK bekerja sama dengan PTUN melakukan pembenahan hal-hal yang rawan korupsi,” jelasnya.

Selain itu, Firley menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan MA untuk mencegah korupsi, khususnya suap. Salah satunya adalah melakukan proses terkait pemeriksaan terhadap putusan tersebut. Menurut Firley, ini adalah cara untuk mencegah suap.

Kedua, permintaan pemeriksaan harus dilakukan atau secara tegas dilakukan, baik oleh pengadilan negeri maupun oleh Mahkamah Agung sendiri. .

Sejauh ini, lima hakim Mahkamah Agung (MA) diduga melakukan suap dalam kasus KPK. Dua dari lima hakim adalah hakim Mahkamah Agung. Sedangkan tiga orang sisanya adalah hakim agung dan panitera lainnya.

Baca juga: Ingin menunda tiket penerbangan Anda di Peggy Peggy? Inilah caranya.

Sementara itu, dua hakim Mahkamah Agung yang didakwa suap adalah Sudrajad Dimiati dan Ghazalba Salih. Sedangkan tiga hakim yang diduga oleh KPK adalah Eli Tri Pangestu, Prasetio Nugroho, dan Eddie Wibowo.

Sudrajad Dimyati, Ghazalba Saleh, Eli Tri Pangestu dan Prasetio Nugroho ditetapkan sebagai tersangka terkait percobaan suap Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Intidana. Sementara itu, Edi Wibowo dijerat kasus suap terkait penyidikan pengajuan pailit Yayasan Rumah Sakit Sandi Karsa (SKM) Makassar.

Sumber artikel

Share :

Baca Juga

Terkini

Gunung Semeru Erupsi, Warga Diminta Tak Beraktivitas di Sepanjang Besuk Kobokan : Media Baca Nasional

Terkini

DPR Setujui Rencana Beli Gas Elpiji 3 Kg Pakai KTP di 2023 : Media Baca Economy

Terkini

Bharada mengaku belum mengenal Maruf yang kuat, alasannya: National Ocean

Terkini

Piala Dunia 2022 Timnas Tunisia dan Prancis Skuad: Les Bleus Bermain Skuad Lapis Kedua: Okezon Bola

Terkini

Ada pawai mengelilingi patung kuda, Transjakarta melakukan penyesuaian jalan: Okezon Megapolitan

Terkini

Cristiano Ronaldo Bikin Ulah Jelang Laga Maroko vs Portugal di Perempatfinal Piala Dunia 2022 : Media Baca Bola

Terkini

Hasil Wolverhampton Wanderers vs Gillingham FC di Piala Liga Inggris 2022-2023: Gol Raul Jimenez Hentikan Mimpi Elkan Baggott! : Media Baca Bola

Terkini

Jadwal Imsak dan waktu sholat bulan ini Desember 2022, daerah Jakarta dan sekitarnya