Home / Qatar 2022

Kamis, 8 Desember 2022 - 08:15 WIB

Kisah Bert Patenaude, sang Legenda asal Amerika Pencetak Hattrick Pertama dalam Sejarah Piala Dunia : Media Baca Bola

Cerita Sangat menarik untuk memeriksa Bert Patenod dari Amerika yang terkenal, yang menjadi penulis hat-trick pertama dalam sejarah kejuaraan dunia. Kisah yang hilang terungkap setelah kematian Bert Patenaude.

Bert Patenaude sendiri merupakan bagian tak terpisahkan dari Timnas Amerika Serikat. Ia lahir pada tanggal 4 November 1909 di Massachusetts.



Tim Nasional Amerika Serikat 1930

(Bert Patenaude, (tengah bawah) salah satu pemain sepak bola USA)

Seperti yang Anda ketahui, Bert Patenode adalah pencipta gol pertama dalam sejarah kejuaraan dunia. Namun, cerita ini hilang. Jadi bagaimana kisah legenda Amerika Bert Patenaude, yang pertama kali tampil di Piala Dunia? Berikut ulasannya.

Bert Patenod mencetak hat-trick di Piala Dunia 1930 yang digelar di Uruguay. Paraguay menang 3-0 untuk mengirim United ke babak berikutnya.

Namun karena masalah bahasa, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) tidak bisa mengenali topi tersebut. FIFA tidak mengakui hat-trick dan hanya mencetak dua gol Bert Patenaude.

Bert Patenaude berusia 20 tahun saat itu. Dia mencetak gol di menit ke-10, ke-15 dan ke-50, tetapi FIFA mengatakan gol di menit ke-15 adalah milik Tom Fleury, bukan milik Bert Patenaude.

Namun baru memasuki abad ke-20, FIFA akhirnya mengadopsi metode Bert Patenaude pada tahun 2000. Sayangnya, Bert Patenaude tidak mendapat pengakuan resmi atas kesuksesannya.

Karena sejak tahun 1974, dia sudah lama meninggal di usia 65 tahun. Kisah yang hilang terungkap saat rekan Bert Patenaude, Arnie Oliver, menemukan kebenarannya.

Bert Patenaude

(Bert Patenaude, Anda salah. (Pemain sepak bola Amerika tahun 1930-an)

Pada tahun 1990, Arnie Oliver mewawancarai sejarawan sepak bola Amerika Utara Colin Jose. Di tahun dia tahu FIFA memuji Bert Patenaude atas dua golnya di Piala Dunia 1930, tapi Arnie Oliver mengatakan sebaliknya. Usai wawancara, Colin Jose mulai mengumpulkan bukti tentang Piala Dunia 1930.

Colin Jose bertemu Wilfrid Cummings di Piala Dunia 1920 sebagai penjaga gawang Bert Patenaude, saat itu dia pergi ke Universitas Wilfrid Cummings untuk mengambil mikrofon untuk merekam permainan.

Colin Jose kemudian mengirimkan semua bukti penemuannya ke FIFA pada 12 April 1995. FIFA memasukkan Bert Patenod, yang pada tahun 1930 menjadi penulis hat-trick pertama dalam sejarah Piala Dunia.

Inilah kisah Bert Patenaude, yang mencetak hat-trick pertama dalam sejarah Piala Dunia.

Sumber artikel

Share :

Baca Juga

Qatar 2022

4 Pelatih yang Lolos ke Final Piala Dunia Secara Back to Back, Nomor 1 Berpeluang Hancurkan Mimpi Lionel Messi : Media Baca Bola

Qatar 2022

Hasil Piala Dunia 2022: Olivier Giroud Bawa Prancis Kembali Unggul 2-1 Atas Inggris! : Media Baca Bola

Qatar 2022

Argentina Buat Kroasia Mati Kutu di Semifinal Piala Dunia 2022, Lionel Messi Ungkap Kunci Suksesnya : Media Baca Bola

Qatar 2022

Lolos ke Final Piala Dunia 2022, Lionel Messi Curhat Betapa Bahagianya Main Bersama Argentina : Media Baca Bola

Qatar 2022

Lionel Messi Dibandingkan dengan Diego Maradona Usai Juara Piala Dunia 2022, Javier Zanetti: Saya Tidak Suka! : Media Baca Bola

Qatar 2022

Alasan Kenapa Trofi Asli Piala Dunia Tidak Boleh Dibawa Pulang oleh Sang Pemenang : Media Baca Bola

Qatar 2022

9 Negara yang Jadi Korban Keganasan Lionel Messi di Piala Dunia, Nomor 1 Sampai 3 Kali Dibobol! : Media Baca Bola

Qatar 2022

Piala Dunia 2022 Iran vs Timnas Amerika Serikat Hasil Putaran Pertama: Christian Pulisic mengalahkan Yanks 0-1 di Team Melli! OKZON BOLA