Menu

Mode Gelap
Exclusive dari Qatar: Jelang Kroasia vs Maroko, Vatreni Tetap Anggap Serius Laga Perebutan Juara Ketiga Piala Dunia 2022 : Media Baca Bola Resmi! Joni Supriyanto Terpilih sebagai Ketua Umum PB Perbakin Periode 2022-2026 : Media Baca Sports BEI Catat 1 Obligasi dan 1 Saham dalam Sepekan : Media Baca Economy Soal Kembali Bela Prancis di Final Piala Dunia 2022, Karim Benzema Beri Respons Jelas : Media Baca Bola Prediksi Update Ranking BWF Desember 2022: Fajar Alfian Rian Ardianto Naik ke Urutan Kedua : Media Baca Sports

Terkini · 17 Des 2022 17:55 WIB ·

Mengulik Tes Genomik, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan? : Media Baca health


 Mengulik Tes Genomik, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan? : Media Baca health Perbesar

Pengujian Genomik mungkin masih tampak aneh bagi banyak orang. Seperti namanya, tes genom ini adalah tentang gen.

Genetika umumnya dikenal sebagai studi tentang gen dan semua komponennya. Analisis genetik dalam perawatan kesehatan disebut genomik. Pengujian Genomik Ada dua jenis pengujian genom untuk variasi genetik dalam perawatan kesehatan: Nutrigenomik dan Farmakogenomik.

Nutrigenomik sendiri merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara faktor genetik dan nutrisi yang memiliki struktur spesifik dan kemampuan untuk mempengaruhi gen tubuh. Sementara itu, farmakogenomik adalah studi tentang peran genom dalam respons obat dan melibatkan analisis susunan genetik seseorang dalam respons terhadap obat.

Tes genomik, pakar genomik molekuler Prof. dr. Herawati Sudoyo adalah proses pengujian genetik yang komprehensif yang dapat melihat berbagai masalah kesehatan seperti penyakit, pola makan atau gaya hidup yang dianjurkan oleh dokter.

“Genomics adalah informasi karena itu semua adalah informasi genetik. Jadi genomik adalah rangkuman gen kita secara keseluruhan,” jelas Profesor Herawati dalam diskusi Pendidikan Kesehatan tentang Cara GENEius untuk Hidup Sehat di Jakarta baru-baru ini.

“Selesai karena semua kromosom yang menutupi genom sangat besar (area yang bisa dianalisis),” tegas Profesor Herawati.

Bagaimana dengan neurogenomik? Dokter menjelaskan. Wakil Presiden Perhimpunan Ahli Gizi Medik Indonesia Ida Gunawan, DK Jakarta, mengatakan makanan dapat menjadi solusi dan jawaban atas masalah kesehatan masyarakat.

Tes Nutrigenomik dikatakan dipersonalisasi dan laporannya dibagi menjadi tiga kategori: diet, olahraga, dan metabolisme.

Terkait nutrisi, pemeriksaan genetik berfokus pada obesitas dengan menentukan profil genetik seseorang terhadap zat-zat seperti gula/karbohidrat, protein, dan lemak.

Selain itu, tes tim olahraga merupakan tes genetik yang berfokus pada jenis olahraga yang paling sesuai dengan tubuh pasien, yaitu jenis daya tahan, kekuatan dan kekuatan atau keseimbangan.

Alhasil, mulai dari pola makan hingga keseharian, jenis olahraga bisa disesuaikan dengan tubuh masing-masing.

“Tes nurtigenomics akan membantu dokter dan profesional kesehatan menganalisis susunan genetik seseorang dan memberikan solusi yang dipersonalisasi. Diharapkan dapat membantu memecahkan masalah dan menjawab kebutuhan masyarakat dalam hal kesehatan dan kesejahteraan,” kata Dr. Ida:

Baca juga:Wah, Indonesia punya masalah dokter spesialis.

Baca juga:Hei, 2 negara ini masih belum memiliki ahli jantung

Sumber artikel

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Admin

Baca Lainnya

Jadwal Imsak dan waktu sholat bulan ini Januari 2023, daerah Jakarta dan sekitarnya

2 Januari 2023 - 11:03 WIB

Perayaan Tahun Baru 2023 Berlangsung Meriah di Seluruh Dunia Usai Pandemi Covid Selama 2 Tahun : Media Baca News

2 Januari 2023 - 08:55 WIB

Sidang Lanjutan, Kubu Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf Hadirkan Saksi Meringankan : Media Baca Nasional

2 Januari 2023 - 06:45 WIB

Kisah Kocak Kencan Pertama Francesco Bagnaia Bersama sang Kekasih: Menabrak Tiang! : Media Baca Sports

2 Januari 2023 - 04:35 WIB

Hasil Tottenham Hotspur vs Aston Villa di Liga Inggris 2022-2023: The Lilywhites Dipermalukan The Villans 0-2 : Media Baca Bola

2 Januari 2023 - 01:25 WIB

Awal Tahun 2023, Waspada Gelombang Sangat Tinggi hingga 6 Meter di Perairan Indonesia : Media Baca Nasional

1 Januari 2023 - 23:18 WIB

Trending di Terkini