Home / Uncategorized

Rabu, 16 November 2022 - 13:01 WIB

Pentingnya Fungsi Lambung Dalam Tubuh

Pentingnya Fungsi Lambung Dalam Tubuh

mediabaca.web.id- Tahukah Anda betapa pentingnya fungsi lambung dalam tubuh? Organ ini bertugas menyimpan makanan, kemudian memecahnya, mengolahnya, memprosesnya dan mendorong serta meneruskannya ke usus.

Jadi, pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika kesehatan usus Anda terganggu? Tentunya ada berbagai keluhan pada sistem pencernaan.

Beginilah cara agar perut selalu sehat dan prima, maka harus selalu dijaga.
Lantas bagaimana supaya gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan lambung?

Sebenarnya, menjaga kesehatan usus tidaklah sulit, namun menerapkan gaya hidup sehat membutuhkan niat, disiplin, dan tekad. Berikut adalah beberapa kebiasaan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan perut.

1. Mencukupi cairan tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh merupakan salah satu cara termudah untuk menjaga kesehatan lambung. Menurut Layanan Kesehatan Nasional (NHS), air minum meningkatkan pembuangan limbah melalui sistem pencernaan dan membantu melunakkan tinja.

2. Makan tepat waktu

Makan tepat waktu agar perut selalu sehat. Makan tidak teratur dapat meningkatkan refluks asam, yang menyebabkan mulas pada penderitanya. Oleh karena itu, makanlah makanan dan camilan sehat secara teratur. Kemudian cobalah duduk dan makan pada waktu yang sama setiap hari.

3. Jangan Lupa Berolahraga

Olahraga tidak hanya dapat memperkuat tulang dan otot tubuh. Aktivitas fisik secara teratur juga dapat membuat makanan tetap bergerak melalui saluran pencernaan, mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Selain itu, olahraga dapat membantu menjaga berat badan ideal yang baik untuk sistem pencernaan.

4. Hindari minum alkohol dan merokok.

Pasalnya, kedua kebiasaan tersebut dapat mengganggu fungsi lambung dan saluran pencernaan secara keseluruhan. Tak hanya itu, kedua kebiasaan ini juga bisa memicu masalah kesehatan yang lebih serius seperti kanker perut.

5. Batasi makanan berlemak

Anda juga bisa menjaga kesehatan lambung dengan membatasi makanan berlemak. Ingatlah bahwa makanan tinggi lemak tidak baik untuk perut karena cenderung memperlambat proses pencernaan. Jadi jika Anda memilikinya, jangan heran jika Anda merasa ngeri.

Sebagai alternatif, Anda dapat mencoba membatasi asupan makanan berlemak. Kemudian gabungkan makanan tersebut dengan serat tinggi agar mudah dicerna tubuh.

6. Pentingnya Konsumsi Serat

Serat berperan penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan, termasuk lambung. Anda bisa mendapatkan serat dari buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Makanan kaya serat juga dapat melancarkan proses pencernaan, mencegah sembelit dan menjaga berat badan yang sehat. Menariknya, diet tinggi serat dapat membantu mengatasi beberapa masalah pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) dan wasir.

7. Batasi makanan pedas

Beberapa orang sulit menghindari makanan pedas. Namun dalam beberapa kasus, ternyata kebiasaan ini menimbulkan masalah pada lambung dan saluran pencernaan.

Menurut NHS, makanan pedas dapat menyebabkan mulas, sakit perut, atau diare. Jika Anda mengalami masalah ini setelah makan makanan pedas, hentikan atau batasi makan cabai atau makanan pedas lainnya.

Inilah beberapa cara menjaga kesehatan lambung. Bagaimana apakah tertarik untuk mencoba? Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang menjaga kesehatan lambung atau hal lainnya, bisa langsung bertanya ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Anda tidak perlu keluar rumah, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis dimanapun dan kapanpun. Praktis, bukan?

 

Sumber : https://www.halodoc.com/artikel/gaya-hidup-sehat-untuk-menjaga-kesehatan-lambung

Share :

Baca Juga

Uncategorized

2 Hari Hilang, Nelayan Tewas Mengambang di Pantai Cipalawah Garut

Uncategorized

Cara Daftar Akun Brimo Tanpa Ke Bank

Uncategorized

Tembus Final Piala Dunia 2022, Timnas Argentina Kini Sejajar Italia dan Brasil : Media Baca Bola

Uncategorized

Jaga Pandanganmu Diluar Agar Istrimu Terlihat Cantik

Uncategorized

Menag Kecam Penembakan di New Zealand: Tak Berperikemanusiaan!

Uncategorized

Poin Telkomsel 2019

Uncategorized

Membuat Kopi Panas Bisa Mengusir Jin Dari Dalam Rumah

Uncategorized

Cara menginstall Mikrotik Di Virtual Box