Home / Keuangan

Kamis, 1 Desember 2022 - 15:45 WIB

Sri Mulyani: RI Harus Kenali Krisis Pangan untuk Krisis Keuangan 2023: Ekonomi Okzon

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Indonesia harus mewaspadai tiga krisis yang kemungkinan akan terjadi pada tahun 2023: krisis pangan, energi, dan keuangan, terutama di negara-negara yang tidak memiliki fondasi yang kuat.

“Indonesia harus mewaspadai kemungkinan berbagai risiko itu,” katanya dalam konferensi pers DIPA dan Buku Alokasi Transfer Negara Tahun Anggaran 2023 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/1/2022).

Kewaspadaan dikembangkan sebagai alat untuk menjaga optimisme dan meningkatkan kewaspadaan terhadap perubahan risiko global dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Shri Mullaney mengatakan anggaran pemerintah sendiri telah bekerja luar biasa keras selama tiga tahun, dari 2020 hingga 2022, untuk menangani Covid-19.

Namun, implementasi APBN terbukti mampu melindungi masyarakat dan perekonomian dan kini saatnya kembali ke anggaran pemerintah yang sehat.

Di sisi lain, risiko terkait ekonomi dan anggaran pemerintah meningkat dari epidemi menjadi risiko global, terutama komoditas terkait pangan dan energi.

Naiknya harga komoditas mendorong naiknya inflasi global yang kemudian berujung pada respon kebijakan berupa pengetatan moneter dan kenaikan suku bunga.

Perekonomian global dengan inflasi tinggi dan pengetatan moneter diperkirakan akan menimbulkan stagflasi bahkan ketegangan geopolitik dan meningkatkan risiko nonekonomi.

Oleh karena itu, anggaran pemerintah harus dilaksanakan dengan baik sehingga dapat memulihkan kesehatan tetapi juga menjadi alat untuk menjaga kesadaran akan ancaman internasional.

Apalagi, Presiden Joko Widodo menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi 2023 ke daerah kepada para menteri, kepala lembaga, dan kepala daerah.

Shri Mullaney mengatakan, serah terima tersebut menunjukkan bahwa anggaran pemerintah tahun 2023 akan dilaksanakan dan kementerian/lembaga (K/L) serta pemerintah daerah sudah mulai melakukan kegiatan meski belum memasuki tahun 2023.

Sumber artikel

Share :

Baca Juga

Keuangan

Tak Perlu Tes PCR, Ini Syarat Naik Pesawat saat Libur Nataru 2023 : Media Baca Economy

Keuangan

MRT Jakarta Beroperasi hingga Pukul 02.00 WIB pada Malam Tahun Baru, Ini Jadwal Lengkapnya : Media Baca Economy

Keuangan

Indonesia Hemat Rp9,48 Triliun dari Konversi Kendaraan BBM ke Listrik : Media Baca Economy

Keuangan

Erick Thohir Bakal Gabung Angkasa Pura I dan II : Media Baca Economy

Keuangan

Kembali Lesu, IHSG Dibuka Melemah ke 6.716 : Media Baca Economy

Keuangan

Jokowi Bakal Hapus 40 Gerbang Tol, Masuk Langsung Sat Set Tanpa Tempel Kartu : Media Baca Economy

Keuangan

Ini Sosok Bernard Arnault yang Depak Elon Musk sebagai Orang Terkaya di Dunia : Media Baca Economy

Keuangan

Jelang Nataru 2023, Harga Tiket Kereta Api Naik? : Media Baca Economy