Home / Terkini

Rabu, 30 November 2022 - 15:50 WIB

Uniknya, mahasiswa UGM membuat minuman yogurt dari tanaman jahe: pelajaran Okzon

Yogyakarta – Lima mahasiswa Universitas Gadja Mada membuat minuman yoghurt berbahan dasar jahe; Tumbuhan ini mudah ditemukan di tempat-tempat yang dangkal seperti sawah, sungai dan rawa.

Seperti yang Anda tahu, jahe sering dimakan sebagai sayuran oleh masyarakat.

Kombinasi yogurt dan jahe dipilih karena kandungannya bermanfaat dalam mencegah dislipidemia dan gangguan pencernaan.

“Produk ini diciptakan dengan tujuan menjadi minuman gaya hidup sehat bagi masyarakat, memberikan cara baru, unik dan kreatif bagi masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan serat sehari-hari dan solusi baru untuk makan sayur,” ujar Anisa Nur Wijayanti. Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan mengutip dari website resmi UGM.

Yogurt yang terbuat dari jahe disebut YOGER yang merupakan singkatan dari Yogurt Ginger.

Produk ini dibuat dengan menggabungkan produk susu fermentasi dengan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan jahe yang dikeringkan menjadi bubuk jahe.

Anisa menyiapkan minuman ini bersama rekan satu timnya melalui Program Inovasi Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) UGM yang mendapat pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Mereka adalah Silvestra Gratiana Tyas Vita Wimasari (FISIPOL), Sinatrya Larasati Putri (Fakultas Peternakan), Abdullah Faidi Rahman (Fakultas Geografi) dan Anisa Sitra Gitaswari (Fakultas Teknik).

Menurutnya, inovasi diperlukan untuk memaksimalkan jahe dari segi nilai ekonomi. Meski mudah ditemukan, tanaman jahe sering dianggap sebagai gulma oleh petani.

Maka produk ini merupakan salah satu inovasi pemanfaatan genjer dalam bentuk minuman yang unik dan sehat.

Selain manfaat kesehatan dari Yogurt, Yo-Recycle! Dengan menyediakan sistem dan pendidikan daur ulang kemasan, kode QR kemasan bermanfaat untuk kesehatan tubuh fisik.

“Yo-Sistem Daur Ulang! YOGER adalah sistem daur ulang kemasan dengan edukasi dan tata cara pengumpulan limbah produk. Sistem Daur Ulang Yo! Kemasan produk YOGER ditandai dengan kode QR yang jika dipindai, Yo-Recycle! Sebuah sistem membawa poster,” jelasnya.

Anisa menambahkan, konsumen dapat mengoleksi botol YOGER minimal 10 botol dan mendapatkan pusaka menarik berupa produk YOGER.

Semoga Yo-Daur Ulang! Dapat digunakan sebagai wadah untuk menampung botol-botol produk YOGER agar tidak menjadi limbah dan mencemari lingkungan.

dr. Fatma Zuhrotun Nisa, S.TP., MP, Associate Professor Kelompok Kewirausahaan PKM YOGER, juga bisnis YOGER memiliki prospek pertumbuhan, karena sangat inovatif, beternak sayuran dengan banyak manfaat kesehatan, namun sedikit dimanfaatkan atau jarang diketahui masyarakat.

Selain itu, yoghurt memiliki cita rasa yang dapat diterima oleh masyarakat hingga laris manis di pasaran.

Bahan pembuatannya juga tersedia di tempat-tempat tertentu dan produknya mudah dibuat. Sebuah proses mungkin diperlukan untuk mempromosikan produk ke publik; Misalnya melalui iklan atau pameran agar lebih populer,” jelas Fatima.

Sumber artikel

Share :

Baca Juga

Terkini

Ketua KPK Temui Pimpinan KY Buntut Rentetan Hakim di MA Jadi Tersangka : Media Baca Nasional

Terkini

Jalani Sidang Lanjutan dengan Mantan Anak Buah, Sambo dan Putri Tiba di PN Jaksel : Media Baca Nasional

Terkini

Contraflow Tol Jakarta-Cikampek Arah DKI Jakarta Diperpanjang, Berikut Lokasinya : Media Baca Megapolitan

Terkini

Buat Lionel Messi Marah-Marah di Laga Belanda vs Argentina, Wout Weghorst Buka Suara : Media Baca Bola

Terkini

Di Bali, rabies diobati dengan metode PMK: Okzone News

Terkini

Kelebihan Shin Tae-yong Dibanding Ryu Hirose Pelatih Kamboja Jelang Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022 : Media Baca Bola

Terkini

Hendra Kurniawan Ngaku Tak Lihat Surat Perintah Irfan Widyanto untuk Amankan CCTV : Media Baca Nasional

Terkini

Piala Dunia 2022: Timnas Jerman Disingkirkan Jepang Karena Gol Kontroversial: Okezon Bola