Menu

Mode Gelap
Exclusive dari Qatar: Jelang Kroasia vs Maroko, Vatreni Tetap Anggap Serius Laga Perebutan Juara Ketiga Piala Dunia 2022 : Media Baca Bola Resmi! Joni Supriyanto Terpilih sebagai Ketua Umum PB Perbakin Periode 2022-2026 : Media Baca Sports BEI Catat 1 Obligasi dan 1 Saham dalam Sepekan : Media Baca Economy Soal Kembali Bela Prancis di Final Piala Dunia 2022, Karim Benzema Beri Respons Jelas : Media Baca Bola Prediksi Update Ranking BWF Desember 2022: Fajar Alfian Rian Ardianto Naik ke Urutan Kedua : Media Baca Sports

Olahraga · 10 Nov 2022 10:17 WIB ·

Wakil Komisi X DPR RI Dede Yusuf menilai kompetisi Liga 1 dan 2 harus segera ditata ulang


 Wakil Komisi X DPR RI Dede Yusuf menilai kompetisi Liga 1 dan 2 harus segera ditata ulang Perbesar

Jakarta- Wakil Komisi X DPR RI Dede Yusuf menilai kompetisi Liga 1 dan 2 harus segera ditata ulang. Pasalnya, ada sekitar 120.000 pekerja di industri sepak bola yang kehilangan pekerjaan akibat ditangguhkannya liga.

“Kami berharap Liga 1 segera dimulai,” kata Dede Yusuf dalam rapat dengar pendapat Dewan Perwakilan Rakyat (RDP) dengan perwakilan pendukung Indonesia di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (11,8).

Pada saat yang sama ia menekankan bahwa perlu juga segera membuat aturan baru untuk liga, agar tragedi Kanjuruhan tidak terjadi lagi. Jika tidak ada aturan baru, Dede khawatir liga akan kembali ke level sebelumnya, sehingga membahayakan suporter.

Dede mencontohkan, setidaknya ada beberapa poin yang dianggap penting dalam transisi menuju standar operasional prosedur (SOP) yang baru. Mereka adalah larangan kekerasan mesin, hak asasi pendukung harus dihormati, infrastruktur stadion akan diperbaiki dan waktu pertandingan tidak terlambat. Selain itu, SOP

juga diharapkan memperhatikan khususnya aturan yang terdapat dalam Peraturan PSSI, Undang-Undang Keolahragaan dan peraturan lainnya.

“Liga harus bertindak sesuai aturan baru, harus duduk bersama dewan dengan para penggemar untuk berpartisipasi dalam SOP yang akan diterbitkan,” jelas Dede.

Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan bahwa sebenarnya DPR mencantumkan hak dan kewajiban pendukung dalam Undang-Undang Keolahragaan Nomor 11 Tahun 2022.

Menurut Pasal 5 dan 55 UU tersebut, perlu menjamin keamanan dan kenyamanan pendukung di lapangan. waktu yang sama. menonton pertandingan.

“Kami mendorong pendukung untuk mengesahkan undang-undang, meskipun pemerintah awalnya menolak. Kami bahkan menginginkan rincian tentang asuransi dan sebagainya, tetapi pada akhirnya kami sepakat akan diatur oleh peraturan turunan seperti PP atau Permen”, katanya. dijelaskan . Pendukung Arema Malang

Perwakilan Armania Andreas mengatakan, waktu tayang pertandingan sepak bola memang menjadi persoalan tersendiri yang perlu dibenahi. Pasalnya, risiko keamanan bagi suporter tidak hanya di dalam stadion, tapi juga dalam perjalanan pulang.

Ia mencontohkan, pertandingan Ligue 1 biasanya dimulai pukul 20:30 atau 21:00 WIB dan selesai sekitar pukul 22:30 atau 23:00. Pada saat itu, hal ini tidak mendorong kembalinya pendukung yang rawan perampokan dan kelesuan.

“Belum lagi teman-teman kita di wilayah tengah dan timur, mereka bisa pulang jam satu dini hari,” kata Andreas.

Komite X DPR justru mengundang Panel Gabungan Pencari Fakta Independen (TGIPF) ke dalam tragedi Kanjuruhan. Namun, karena misi TGIPF telah tercapai, statusnya sekarang dihentikan.

FYI Tragedi Kanjuruhan menewaskan 135 orang di Stadion Kanjuruhan di Malang pada 1 Oktober. Pendukung meninggal karena mati lemas ketika polisi menembakkan gas air mata ke tribun dan lapangan.

Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Admin

Baca Lainnya

Tiga Tim di Grup C Rebutan Dua Tiket ke Putaran Kedua Liga 3 Zona Sulsel

30 Januari 2023 - 03:55 WIB

Tiga Tim di Grup C Rebutan Dua Tiket ke Putaran Kedua Liga 3 Zona Sulsel

28 Januari 2023 - 20:55 WIB

Tiga Tim di Grup C Rebutan Dua Tiket ke Putaran Kedua Liga 3 Zona Sulsel

27 Januari 2023 - 11:50 WIB

Tiga Tim di Grup C Rebutan Dua Tiket ke Putaran Kedua Liga 3 Zona Sulsel

26 Januari 2023 - 05:03 WIB

Tiga Tim di Grup C Rebutan Dua Tiket ke Putaran Kedua Liga 3 Zona Sulsel

24 Januari 2023 - 20:55 WIB

Tim Makassar Cetak Rekor di Final Cabor Sepakbola Pasca Menang Dramatis Lawan Maros

19 Januari 2023 - 05:13 WIB

Trending di Olahraga