Home / Terkini

Selasa, 20 Desember 2022 - 12:20 WIB

Waspada! Gelombang Tinggi hingga 6 Meter Terjadi di Sejumlah Perairan Indonesia 20-21 Desember : Media Baca Nasional

Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini. Air pasang 20 hingga 21 Desember 2022 dengan kemungkinan berlangsung di berbagai wilayah perairan. Warga wilayah pesisir diminta waspada.

Di Indonesia bagian utara, pola angin biasanya dari barat laut ke timur laut, dengan kecepatan angin 5 hingga 25 knot. Sedangkan pergerakan utama Indonesia bagian selatan adalah barat daya-barat laut dengan kecepatan angin 5 hingga 25 knot.




BMKG menulis pada Selasa (20/12/2022) “Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara dan Kepulauan Mentawai-Lampung di Samudera Hindia.”

Hal ini akan mengakibatkan gelombang pasang hingga 1,25 – 2,5 meter di perairan selatan tanjung. Anambas, Laut Natuna, Pesisir Malaka Utara, Perairan Selatan Bali – Sumba, Bali Selatan – Lombok – Selat Alas, Selat Sumba, P. Perairan Berlumpur – Busuk, Laut Berlumpur, Perairan Selatan Flores, Selat Getah Selatan, Selat Ombay, Perairan Pulau

Selain itu, Sangihe, di selatan tanjung, mengairinya. Tallaud, Cape Waters. Sitaro, Perairan Bitang – Likupang, Laut Maluku Utara, Perairan Papua Barat Laut – Papua.

Baca juga: Peringatan: Gelombang tinggi – hingga 9 meter

Dengan gelombang setinggi 2,5 – 4,0 meter dapat terjadi di perairan Northern Cape. Anambas, perairan selatan Tanjung. Natuna, perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, hal. Perairan Barat Simeulue – Tanjung. Mentawai, Perairan Benkulu, Perairan Engano – Lampung Barat.

Kemudian Samudera Hindia Barat Sumatera, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Jawa, Samudera Hindia selatan Jawa – NTB, perairan Tanjung utara. Talaud, Perairan Halmahera Utara, Laut Halmahera, Halmahera Pasifik Utara – Papua.

“Walaupun gelombang setinggi 4-6 meter kemungkinan terjadi di perairan utara Laut Natuna Utara dan Kepulauan Natuna,” ujarnya.

Baca juga: Ingin menunda tiket penerbangan Anda di Peggy Peggy? Inilah caranya.

Oleh karena itu, kapal penangkap ikan dengan angin lebih dari 15 knot dan gelombang lebih dari 1,25 meter, kapal penangkap ikan dengan angin lebih dari 16 knot dan gelombang hingga 1,5 meter harus waspada terhadap bahaya keselamatan. . . .

Kapal dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter, seperti kapal kargo/kapal dengan kecepatan lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang lebih dari 4,0 meter.

“Saya mengimbau masyarakat yang tinggal di pesisir pantai dan beraktivitas di tempat-tempat yang berpotensi terjadi gelombang tinggi untuk berhati-hati,” pungkasnya.

Sumber artikel

Share :

Baca Juga

Terkini

Bali Diguncang 8 Kali Gempa dalam Waktu yang Berdekatan, Ini Detail dan Lokasinya : Media Baca Nasional

Terkini

Exclusive dari Qatar: Jelang Hadapi Prancis di Semifinal Piala Dunia 2022, Jersey dan Bendera Maroko Ludes Terjual! : Media Baca Bola

Terkini

Antonio Conte Tertangkap Basah Pulang ke Turin, Kembali Latih Juventus? : Media Baca Bola

Terkini

Raffi Ahmad Siap Sekolahkan Rafathar ke Inggris Demi Impian Jadi Pesepakbola : Media Baca Celebrity

Terkini

Breaking News! Bentrokan di Keraton Kasunanan Surakarta, 4 Orang Dikabarkan Luka Bocor : Media Baca News

Terkini

Kisah Pesepakbola Terkaya Dunia Berharta Rp296 Triliun, Mulai Karier di Inggris Kini Gagal Hadapi Timnas Indonesia! : Media Baca Bola

Terkini

Bus Timnas Thailand Ditimpuk Jelang Hadapi Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Kaca Sampai Retak! : Media Baca Bola

Terkini

Google Doodle Mengingat Gerald Jerry Lawson, Bapak Permainan Modern: OKZONE TECHNO