Home / Keuangan

Kamis, 15 Desember 2022 - 15:45 WIB

Wih! Uang Koin Indonesia Jadi Saksi di Final Piala Dunia : Media Baca Economy

Jakartauang Koin Indonesia telah melihat lari baru-baru ini Kejuaraan dunia. Itu terjadi pada tahun final Piala Dunia 1974 yang diperebutkan antara Jerman (Barat) dan Belanda.

Pasalnya, wasit berkebangsaan Inggris Jack Taylor yang menjadi wasit pertandingan final mengundi tim yang menerima bola di awal pertandingan dengan uang koin Indonesia Rp 2.000.

Bukan sembarang koin lainnya, Jack Taylor memilih koin ini karena memiliki gambar yang menarik di kedua sisinya dan bobot yang pas.

Dikeluarkan pada tahun 1974, koin 25,31 gram ini memiliki dua sisi, dengan harimau Jawa di bagian atas dan Garda Bank Indonesia di bagian belakang.

Baca juga: Koin Final Piala Dunia 1974 di Indonesia

Koin Rp 2.000 tahun 1974 juga unik karena hanya dicetak tiga koin dan hasil penjualan koin digunakan untuk menyelamatkan satwa langka di Indonesia.

Koin ini khusus diproduksi dalam seri Nature Collection berkat kerja sama Bank Indonesia dengan World Conservation Organization (IUCN) dan World Wildlife Fund (WWF).

Selain kedua wali amanat tersebut, Bank Indonesia juga mengikutsertakan Royal Mint, perusahaan manufaktur metalurgi dan medali asal Inggris. Diameter koin Royal Mint adalah 38,61 mm, berat 25,31 gram, mengandung 50% perak.

“Koin-koin itu dianggap koin dan medali terbaik di dunia oleh Royal Mint,” kata majalah Time and Tide edisi Oktober 1974, di situs resmi BI, Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Baca juga: Peduli terhadap penderita kanker, donasi rambut terus berlanjut bersama Lifebuoy dan MNC Peduli.

Manajer tim nasional Gerber, Franz Beckenbauer, sangat senang dengan koin yang menyandang nama resmi dana konservasi WWF itu. Tak lama setelah wasit meniup peluit panjang tanda istirahat, Taylor didekati dan ditanyai di mana koin-koin itu. Sayangnya, Taylor tidak menanggapi.

Taylor, yang memenangkan tiga Piala Dunia selama karirnya, menyimpan peluit emas sebagai suvenir bersama dengan koin yang digunakan untuk membuka Piala Dunia 1974.

Sumber artikel

Share :

Baca Juga

Keuangan

Bertemu Sri Mulyani, Wapres Bahas Ekonomi Syariah hingga Sertifikasi Halal : Media Baca Economy

Keuangan

Sri Mulyani Kantongi Pajak Kripto Rp231,7 Miliar : Media Baca Economy

Keuangan

Jaga Akurasi Kebijakan Beras, Begini Data dari BPS : Media Baca Economy

Keuangan

Super Mewah! Intip Penampakan Rumah di Atas Mall, Penghuninya Bukan Orang Sembarangan : Media Baca Economy

Keuangan

10 Saham Tercuan di Akhir 2022, Ada yang Meroket 87% : Media Baca Economy

Keuangan

Investor pasar saham Waspadai keruntuhan dan kekacauan di tahun 2023: ekonomi Okzon

Keuangan

Tak Hanya Mobil dan Motor Listrik, Kendaraan Jenis Ini Juga Bakal Dapat Insentif : Media Baca Economy

Keuangan

7 Fakta Penerima Bansos Ditambah, BLT BBM Tahap 2, Sembako hingga PKH Cair : Media Baca Economy